https://sikijang.jatengprov.go.id/cache/c224d640c014dda7dfe7b00df06f5f3c_x_Thumbnail65.png

SISTEM INFORMASI KOPERASI
DINAS KOPERASI UKM PROVINSI JAWA TENGAH

Upaya PPKL Menigkatkan Kelembagaan Koperasi Bagi Kelompok Masyarakat Produktif

Upaya PPKL Menigkatkan Kelembagaan Koperasi Bagi Kelompok Masyarakat Produktif

MASTER ADMIN 25-Juni-2020

Memerankan fungsi sebagai informator, Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kabupaten Pati membagi pengetahuan tentang perkoperasian dan tata cara pendirian koperasi, dengan menjadi narasumber pada Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen dan Pengelolaan Koperasi Melalui Pelatihan Perkuatan Kelembagaan bagi Kelompok Masyarakat Produktif. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 22 sampai 24 Juni 2020 ini bertempat di Aula Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Diikuti oleh 30 orang anggota dari 10 Kelompok Tani yang berasal dari Kecamatan Gembong dan Kecamatan Margorejo. Dengan memperhatikan dan manjalankan protokol kesehatan pelaksanaan kegiatan selama pandemi covid – 19, tidak mengurangi antusias peserta dalam mengikuti kegiatan dan merespon materi yang diberikan oleh PPKL.

Dalam kegiatan ini kelompok diajarkan untuk dapat mengidentifikasi kondisi kelompoknya dari segi aspek keanggotaan, administrasi keuangan, produk yang dihasilkan, peraturan internal kelompok, pembagian keuntungan, dan kepengurusan dalam kriteria pemula, madya dan lanjutan.  Hasil dari identifikasi nantinya kelompok dapat mengetahui apakah sudah siap untuk berkoperasi atau belum.

Selanjutnya diharapkan peserta termotivasi untuk menjalankan kegiatannya sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip koperasi, serta dapat memunculkan koperasi baru di bidang pertanian.

Ke depan PPKL akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan melakukan pendampingan pada kelompok yang sudah masuk dalam kategori lanjutan untuk di motivasi mengajukan permohonan pengesahan Badan Hukum Koperasi.